Pemkab Cianjur Melarang Anak Dibawah 12 Tahun Ke Twmpat Wisata

Cianjur

Dilansir dari detiknews.com, Pemerintah Kabupaten Cianjur masih menerapkan larangan anak usia 12 tahun ke bawah untuk masuk ke destinasi wisata. Meski demikian, Pemkab akan berusaha untuk meminta pemerintah pusat memberikan lagi pelonggaran untuk sektor wisata.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cianjur Pratama Nugraha mengatakan, pemerintah daerah mengikuti aturan pusat meskipun PPKM level 2, kunjungan dibatasi 25 persen dengan melakukan skrining melalui aplikasi PeduliLindungi.

Pada proses skrining tersebut, secara otomatis anak usia 12 tahun ke bawah dilarang untuk memasuki destinasi wisata. Pasalnya anak usia tersebut belum dapat divaksinasi

“Kita hanya ikuti aturan dari pusat, terlebih untuk percontohan nasional terkait pembukaan wisata terbatas di antaranya Taman Bunga Nusantara. Jadi sementara yang usia 12 tahun belum boleh masuk wisata,” ujar Pratama, Rabu (15/9/2021).

Menurutnya, Instruksi Mendagri nomor 42 tahun 2021 yang mengatur tentang aturan teknis PPKM pun sudah disebar ke setiap pengelola wisata. “Kita minta semuanya ikuti ketentuan,” kata dia.

Walaupun demikian, Pratama mengatakan pihak Pemkab akan mencoba untuk mengusulkan kepada pemerintah pusat agar sektor wisata kembali diberi kelonggaran. Pasalnya jika anak usia 12 tahun dilarang masuk tempat wisata, maka angka kunjungan wisata akan tetap turun.

“Soalnya tidak mungkin hanya orang tuanya yang berwisata dan anaknya ditinggal. Wisata akan tetap sepi nantinya. Kasian pelaku usaha. Makanya kita akan berupaya usulkan agar ada kelonggaran,” ucapnya.

Sementara itu GM Kebun Raya Cibodas Marga Anggrianto mengatakan pihaknya masih mengizinkan anak usia 12 tahun untuk masuk. Pasalnya aplikasi PeduliLindungi kerap mengalami gangguan.

“Masih kita izinkan, dengan tetap mengikuti prokes ketat. Tapi untuk orang tuanya diharuskan menunjukkan kartu vaksin atau hasil swab test. Status anaknya nanti didampingi oleh orang tua,” ucapnya.

sumber : detiknews.com-Anak 12 Tahun Dilarang ke Tempat Wisata, Pemkab Cianjur Ajukan Pelonggaran

__Terbit pada
September 15, 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *